Untuk melamar pekerjaan, setiap pelamar tentu saja perlu mengajukan surat lamaran pekerjaan yang ditujukan untuk orang atau perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Agar surat lamaran pekerjaan bisa dipertimbangkan dan diperhatikan, Anda perlu menyusunnya dengan baik dan benar. Hal tersebut bisa Anda simak dari penjelasan yang kami sampaikan berikut ini atau dari contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat Anda akses melalui internet.

www.suratresmi.net

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis dan diperuntukan melamar pekerjaan pada orang atau instansi tertentu yang membuka lowongan untuk pekerjaan atau jabatan tertentu. Contoh surat lamaran pekerjaan juga perlu Anda tulis secara resmi atau formal. Dalam penyusunannya, Anda perlu memerhatikan beberapa aspek agar surat lamaran pekerjaan Anda dapat diterima dengan baik sehingga Anda bisa lebih dipertimbangkan untuk diterima atau mengikut tes lanjutan untuk mendaatkan pekerjaan atau menduduki jabatan yang Anda tuju.

Untuk itu kami sampaikan beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

  1. Tujuan surat

Tujuan surat wajib Anda tulis secara jelas. Anda perlu menuliskan tujuan dan posisi mana yang Anda inginkan sesuai dengan kompetensi Anda. Dengan demikian maka surat lamaran pekerjaan Anda dapat lebih dipahami. Jika Anda mengirimkan surat lamaran pekerjaan tanpa menuliskan tujuan maka besar kemungkinan surat lamaran pekerjaan Anda tidak akan diperhatikan.

  1. Melampirkan Identitas Diri secara Lengkap

Agar memudahkan pihak personalia dalam mengetahui identitas diri pelamar, maka pelamar harus menuliskan data diri secara lengkap dalam surat lamaran yang dikirimkan. Di samping itu, hal tersebut juga memudahkan personalia jika ingin mneghubungi pelamar untuk memanggil atau interview.

  1. Kebersihan dan Kerapian

Meski seringkali kurang diperhatikan, ternyata aspek kerapian dan kebersihan juga menjadi penilaian dalam pemilihan calon pekerja. Sebab itu, Anda juga harus memerhatikan hal ini agar surat lamaran Anda dapat diterima dan dipertimbangkan. Sebab seringkali aspek ini juga berkaitan dengan karakter calon pelamar. Maka dalam mengirimkan surat lamaran pekerjaan, maka pastikan Anda mengirimkan surat lamaran yang rapi dan bersih. Baik isi surat atau amplop yang Anda gunakan.

Terakhir, aspek tampilan, tata letak, dan penulisan dari surat lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan juga perlu diperhatikan. Untuk itu Anda juga perlu melihat contoh surat lamaran pekerjaan lain untuk dijadikan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *