Surat lamaran kerja merupakan salah satu pernyaratan yang wajib diajukan ketika seseorang akan melamar sebuah pekerjaan. Untuk membuat contoh surat lamaran kerja sendiri juga terdapat aturan-aturan dan sktruktur penulisannya yang tetap. Namun tetap tidak bisa dipungkiri masih banyak pencari kerja yang sering melakukan kesalahan dalam membuat surat lamaran. Sehingga membuat kesempatan ia bisa diterima dalam sebuah perusahaan hilang.

www.masukuniversitas.com

Selain menjadi sebuah pernyataan resmi, contoh surat lamaran kerja juga digunakan HRD dalam menilai diri anda. Sehingga jika membuatnya saja masih salah, maka kemungkinan anda diterima juga sangatlah kecil. Berbagai kesalahan kecil sampai fatal yang mungkin tidak pelamar sadari masih ditemukan. bebera kesalahan umum yang sering ditemukan seperti:

  1. Tidak mencantumkan posisi yang ingin ditempati

Hal ini sering ditemukan pada pelamar pekerja yang masih pemula. Mereka tidak menuliskan apa posisi yang ingin ditempati. Hal ini tentu akan membuat HRD bingung dalam menafsirkannya. Oleh karena itu sebelum anda memasukkan lamaran kerja job desk yang memang sesuai dengan passion anda.

  1. Tidak melampirkan foto

Foto adalah salah satu lampiran penting yang harus anda sertakan. Untuk ukuran umum yang biasanya digunakan adalah 4×6 atau 3×4. Namun ada beberapa perusahaan yang terkadang juga meminta ukuran khusus yang harus anda lampirkan.

  1. Menulis dengan tulisan tangan

Menulis surat lamaran kerja menggunakan tangan memang dapat mencermikan kepribadian seseorang. Namun saat ini menulis surat lamaran kerja menggunakan tangan sudah tidak relevan lagi. Perusahaan-perusahaan besar akan lebih menyukai surat lamaran yang diketik menggunakan laptop atau computer karena lebih terlihat rapi.

  1. Lampiran kurang lengkap

Dalam struktur surat lamaran kerja, dokumen pendukung tentu tidak boleh dilupakan. Selain menadi pelengkap persyaratan, dokumen ini juga menjadi bahan pertimbangan tambahan para HRD. Surat lamarak kerja yang baik dilampiri dengan pas foto terbaru, foto copy kartu identitas, daftar riwayat hidup, foto copy ijazah terakhir dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (jika ada), dan sertifikat kompetensi yang pernah anda ikuti.

Itulah beberapa kesalahan-kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja. Selain anda harus berhati-hati dalam penulisannya. Sebaiknya sebelum mengirimkannya ke perusahaan sebaiknya anda cek ulang atau menelitinya beberapa kali sampai merasa yakin bahwa contoh surat lamaran kerja tersebut sudah benar-benar layak untuk dikirimkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *